MINGGU EPIFANI-V/30/Minggu, 6 Januari 2019

Yesaya 60:1-6; Mazmur 72; Efesus 3:1-13; Matius 2:1-12

Orang Majus ketika melihat bintang yang menurut perhitungan mereka adalah tanda kelahiran seorang raja, maka segera melakukan perjalanan untuk mencari bayi tersebut. Karena akan menjumpai raja Orang Yahudi, maka mereka membawa persembahan yang dipersiapkan dengan baik, yaitu emas, kemenyan dan mur.  Dalam pencarian raja yang baru lahir, mereka mempunyai cara berpikir yang sangat wajar, yaitu calon raja pasti lahir di istana raja dan dikelilingi oleh dayang–dayang yang siap melaksanakan tugas. Oleh karena itu, tidak salah jika Orang Majus ini bertanya kepada Raja Herodes, penguasa yang ada di wilayah tersebut. Tetapi dugaan mereka akan mendapat jawaban yang  memuaskan, seketika menjadi sirna. Karena raja yang dimaksud oleh Orang Majus tidak lahir di istana Raja Herodes.

Orang Majus tidak putus asa atau kecewa ketika melihat sebuah kenyataan bahwa Raja yang dimaksud tidak lahir di istana tetapi hanya di tempat yang sangat sederhana, jauh dari bayangan mereka. Orang Majus bisa melihat Bayi Yesus karena mereka tidak membatasi diri dengan anggapan bahwa raja harus lahir di istana, tetapi mereka membuka diri terhadap tuntunan bintang yang membimbing mereka ke tempat yang tidak mereka duga.

Demikian juga dengan kehidupan iman orang – orang percaya. Ketika tetap setia dan percaya bahwa tuntunan Tuhan tidak pernah salah, maka ketika kita melewati peristiwa yang tidak sesuai dengan harapan kita, bukankah seharusnya tidak perlu kecewa atau putus asa. Jika putus asa dan kecewa artinya kita menutup diri terhadap berbagai kemungkinan. Dengan membuka diri dengan berbagai kemungkinan dan mengikuti pimpinan Tuhan dengan tekun dan setia, maka Tuhan akan membawa kita kepada sukacita yang mungkin tidak kita duga sebelumnya.

Ketika kita sudah mengalami sukacita itu, maka tanpa diminta kita pasti akan membagikan kepada setiap orang yang kita jumpai. Bagaimana kita akan membagikan sukacita itu, jika kita sendiri belum mengalaminya?

-NEA-