Yesaya 60:1-6; Mazmur 72:1-7, 10-14; Efesus 3:1-12; Matius 2:1-12

Ketika situasi disekitar kita tidak kondusif karena tindakan yang dilakukan oleh kelompok-kelompok tertentu, biasa kita dengan mudahnya memberikan kritik yang tajam kepada pemerintah. Seakan-akan situasi yang tidak kondusif adalah sepenuhnya tanggung jawab pemerintah. Sebagian orang mengecam kelompok yang membuat onar dengan kata-kata yang pedas. Seakan-akan kelompok tersebut adalah orang yang paling bersalah.

Bukankah seharusnya umat percaya sadar sepenuhnya bahwa dunia sudah jatuh dalam dosa, adalah dunia yang dipenuhi dengan kegelapan? Maka orang yang tinggal didalamnyapun masih hidup dalam kegelapan. Dimana tingkah lakunya tidak mempunyai tatanan yang jelas dan tidak terarah. Bisa jadi, sesuatu yang salah, akan dinilai sebagai kebenaran.

Oleh karena itu menjadi tugas orang yang sudah mendapat terang Kristus dan yang telah hidup dalam kebenaran, untuk memberitakan terang itu kepada dunia yang masih ada dalam kegelapan, akan menerima terang. Sehingga dengan adanya terang yang diterima akan menuntun tingkah laku yang jahat menjadi tingkah laku yang memuliakan Tuhan.

~NEA~