Kejadian 2: 15-17; 3: 1-7, Mazmur 32, Roma 5:12-17, Matius 4: 1-11

Salah satu kebutuhan manusia adalah kebutuhan untuk mendapat pengakuan. Maka setiap orang berusaha untuk mendapat pengakuan dari sesamanya. Dengan mendapat pengakuan dari sesama, maka diharapkan dirinya akan menduduki posisi yang lebih tinggi dan lebih utama dibanding sesamanya. Godaan seperti inilah yang menghampiri Hawa dan Adam. Perkataan ular ā€œkamu akan menjadi seperti Allahā€ sepertinya menjadi senjata yang paling ampuh, sehingga Hawa tidak mampu menolak tawaran si ular untuk memakan buah tersebut. Hawa dan Adam melupakan Tuhan, akhirnya mereka terjatuh dalam dosa.

Godaan untuk menjadi yang terutama, juga dilakukan oleh iblis untuk menggoda Tuhan Yesus. Mulai godaan untuk menunjukkan kuasaNya mengubah batu menjadi roti, menunjukkan kuasaNya melawan hukum alam, sehingga ketika terjatuh tidak luka sedikitpun sampai digoda untuk mendapat harta yang banyak dengan menyembah iblis. Tetapi Tuhan Yesus tetap ingat akan Bapa yang telah mengutusNya, sehingga Tuhan Yesus tidak bisa dijatuhkan oleh godaan si iblis.

Dalam perjalanan kehidupan manusia, godaan selalu ada. Bukan hanya dalam kehidupan sehari-hari, dalam kehidupan berjemaatpun godaan untuk menjadi yang paling utama menjadi godaan yang terus menerus ditawarkan kepada orang percaya. Yang diharapkan adalah: orang percaya tetap hidup dengan bersandar kepada Tuhan.

~NEA~