Yohanes 11:1-45

Dalam menjalani kehidupannya, manusia selalu bertanya. Mengapa harus terjadi ini, mengapa harus terjadi itu dan seringkali manusia tidak mendapat jawaban yang memuaskan. Kehidupan ini memang tidak untuk dijelaskan tetapi untuk dipahami.

Kisah kebangkitan Lazarus, diawali dengan kesedihan Maria dan Marta, ketika saudara mereka yang bernama Lazarus harus meninggal dunia karena sakit. Mungkin juga ada kemarahan dalam hati, karena ketika mereka memberi kabar kepada Tuhan Yesus tidak segera direspon dengan cepat, sehingga Lazarus tidak tertolong. Apalagi Tuhan Yesus datang, Lazarus sudah 4 hari dalam kubur, artinya Lazarus sudah tidak bisa ditolong sama sekali.

Tetapi disinilah Maria dan Marta diuji dalam iman. Apakah mereka tetap percaya kepada kuasa Tuhan atau justru meragukan Kuasa Tuhan. Puji Tuhan, Maria dan Marta tetap percaya dan mau taat melakukan bagian yang harus dikerjakan. Akhirnya mereka melihat kuasa Tuhan terjadi, Lazarus dibangkitkan.

Tuhan mempunyai kuasa atas kehidupan manusia, hanya saja, apakah manusia tetap percaya akan kuasanya dan mau melakukan tugas yang harus dikerjakannya?

~NEA~