Matius 21:1-11

Setelah peristiwa kebangkitan Lazarus. Banyak orang Yahudi menjadi percaya kepada Tuhan Yesus. jadi bisa dikatakan, bahwa “pengikut” Tuhan Yesus sudah sangat banyak. Biasanya orang yang sudah mempunyai banyak pengikut akan merasa aman, karena pendukungnya pasti akan menjadi pembela. Dengan demikian bisa menunjukkan kekuatan jumlah pendukung kepada orang Farisi dan ahli Taurat.

Tetapi semua itu tidak dilakukan Tuhan Yesus. Hal ini ditunjukkannya ketika memasuki kota Yerusalem. Tuhan Yesus tetap menunjukkan kerendahan hatinya dengan mengendarai keledai. Dengan mengendarai Keledai, maka orang akan tahu bahwa kedatangan Tuhan Yesus untuk membawa damai. Tuhan Yesus tahu benar, bahwa Orang farisi dan Ahli taurat sudah merencanakan hal yang jahat terhadap diriNya, tetapi Tuhan Yesus tidak mau mengadakan perlawanan atau mengerahkan massa untuk menghadapi mereka.

Tuhan Yesus memberikan teladan sikap rendah hati karena Dia datang untuk membawa damai. Demikian juga setiap orang percaya dipanggil untuk membawa damai. Tanpa kerendahan hati, maka kedamaian hanyalah sebuah mimpi.

~NEA~