Yohanes 14:1-14

Karena kehidupan tidak ada yang pasti, segala sesuatu cepat berubah tanpa bisa diperkirakan terlebih dahulu, maka manusia memerlukan hal yang serba pasti. Manusia berusaha dengan berbagai cara untuk memperoleh kepastian hidup, atau paling tidak mendekati kepastian. Berbagai cara dilakukan manusia untuk memperoleh kepastian itu. Manusia menempuh studi supaya masa depannya “pasti”, manusia bekerja supaya kelangsungan kehidupannya juga “pasti”, bahkan manusia mencoba untuk mencari penghasilan yang besar, supaya mempunyai kepastian.

Jika dilihat sekilas, maka apa yang telah dilakukan manusia, sepertinya sudah benar. Tetapi sekali lagi perlu diingat, bahwa semua yang dilakukan tidak akan menyembuhkan ketidakpastian. Jika semua serba tidak pasti, lalu apa yang harus dilakukan oleh manusia.

Tuhan Yesus bersabda:  “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.“ Dalam mengejar kepastian, manusia lupa mengikut sertakan Tuhan dalam kehidupannya. Semua hal hanya mengandalkan logika tanpa menyertakan iman. Sehingga ketika kekuatiran muncul, maka akan sangat cepat bertumbuh.

Maka dari itu, ikut sertakan Tuhan dalam setiap aspek kehidupan, supaya ketika ketidakpastian mulai menyerang, kita masih mempunyai benteng perlindungan yang teguh, yaitu iman kita kepada Tuhan Yesus. sehingga kita tetap bersukacita dalam menjalani hidup ini.

~NEA~