(Matius 23:1-12)

Tanpa kita sadari di dalam dunia ini ada banyak ukuran untuk menilai seseorang berhasil dalam kehidupan. Ada yang menilai berhasil jika bisa mempunyai keluarga, uang yang banyak, rumah yang bagus dan kendaraan, ada yang mempunyai ukuran keberhasilan jika orang itu sudah bisa memenuhi hukum adat yang berlaku di daerah itu. Bagi Ahli Taurat dan orang Farisi, ukuran berhasil adalah menunjukkan diri mereka sebagai orang saleh melalui pakaian mereka yang berbeda dengan orang kebanyakan.

Tuhan Yesus memberikan sebuah pemahaman baru, bahwa untuk menjadi orang yang berhasil, adalah orang yang mau menjadi terendah. Tentu saja Tuhan Yesus tidak bermaksud menghendaki kita menjadi orang yang rendah secara sosial kemasyarakatan. Tetapi rendah dalam arti bisa mengalahkan keakuan dan mengalahkan keinginan untuk menjadi orang yang sombong dan tinggi hati.

Tuhan Yesus memberikan pesanNya kepada anak-anakNya, bahwa orang yang meninggikan diri akan direndahkan dan orang yang merendahkan diri akan ditinggikan.

~NEA~