Memahami, Mengalami, Melakukan

 (Yohanes 1:43-51)

Tuhan Yesus di dalam memanggil murid-muridNya selalu dengan memberikan undangan “Ikutlah Aku” sebab dengan mengikut Tuhan Yesus maka setiap orang yang mau datang kepada Tuhan Yesus akan dapat mengalami dan memahami setiap karya Tuhan. Perlu diingat bahwa untuk dapat memahami kasih Tuhan tidak dapat dilakukan hanya melalui perdebatan maupun seminar-seminar. Satu-satunya jalan yang paling efektif untuk dapat memahami kasih Tuhan adalah dengan mau mengalami sendiri dalam kehidupannya.

Bahkan dalam kenyataan, tidak terlalu banyak yang menjadi orang percaya kepada Kristus karena kalah dalam perdebatan. Malah sebaliknya perdebatan justru membawa kepada akibat yang kurang baik. Satu – satunya jalan untuk dapat mengenal Kristus dengan benar adalah dengan datang kepada Kristus sendiri dan merasakan akan kasih Kristus di dalam kehidupannya.

Oleh karena itu, Tuhan Yesus menginginkan murid-muridNya untuk datang dan mengikutNya. Supaya setiap murid bisa melihat akan karya Tuhan, memahami akan karya Tuhan, mengalami akan karya Tuhan dan pada akhirnya kehidupannya akan menjadi kehidupan yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Pepatah Latin mengatakan “verba docent exempla trahunt”: Khotbah yang efektif adalah dengan memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari.

~NEA~

Tinggalkan komentar