Menyembah Tuhan dalam Roh dan Kebenaran

 (Yohanes 4:19-24)

Menurut kesaksian 2 Korintus 3:17 “Sebab Tuhan adalah Roh;” artinya Tuhan tidak dapat dibelenggu oleh waktu, ruang dan tempat. Tuhan tidak berada di dalam ciptaan, tetapi justru ciptaanlah yang ada di dalam Tuhan, sehingga dengan demikian Tuhan tidak dapat dikuasai atau dibelenggu oleh ciptaanNya.

Oleh karena itu Tuhan Yesus berkata kepada perempuan Samaria dalam Yohanes 4:21 Kata Yesus kepadanya: “Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.” Hal ini dikatakan kepada perempuan Samaria ini, karena perempuan Samaria ini masih membatasi keberadaan Tuhan dengan hanya menyembah Tuhan di atas gunung. Sepertinya perempuan Samaria ini mewakili umat manusia yang masih membelenggu Tuhan di dalam ruang, tempat, dan waktu. 

Karena Tuhan adalah Roh yang tak terbatas, maka manusia harus menyembah Tuhan di dalam Roh dan kebenaran artinya kita harus menyembah Tuhan dengan kesungguhan. Sebab Tuhan tidak dapat ditutupi dengan penampilan kita, karena Dia bisa melihat langsung ke dalam hati dan pikiran kita, apakah di sana ada kebenaran atau tidak.

~NEA~

Tinggalkan komentar