Cintaku pada Rumah-Mu

 (Yohanes 2:13-22)

Peristiwa pengusiran pedagang di halaman Bait Allah oleh Tuhan Yesus, seringkali ditafsirkan secara instan, bahwa berjualan di wilayah gereja adalah kegiatan yang dilarang. Penafsiran ini tanpa melihat latar belakang dari alasan Tuhan Yesus mengusir para pedagang yang sedang berjualan di Bait Allah.

Sebenarnya keberadaan para pedagang di Bait Allah sangat membantu para umat yang akan beribadah di Bait Allah, dimana mereka menyediakan binatang-binatang yang bisa dibeli untuk dikorbankan dalam ibadah mereka.

Tetapi sayang, yang seharusnya mereka menjadi penolong, tetapi sekarang justru berbalik menjadi para pemeras, yang menjual dagangan mereka dengan harga yang sangat tinggi bahkan terlibat praktek kecurangan. Hal inilah yang diusir oleh Tuhan Yesus, hal ini sangat jelas terlihat dalam injil Matius dan Lukas di mana Tuhan Yesus menyebut mereka telah menjadikan Bait Allah sebagai sarang penyamun.

Tindakan Tuhan Yesus menambah kemarahan orang-orang yang mendapat keuntungan dari praktek kecurangan tersebut. Tetapi rasa cinta kepada Bait Allah dan kepada Bapa mengalahkan rasa takut kepada orang-orang yang telah membenci-Nya.

~NEA~

Tinggalkan komentar