Pandai Mendengar dan Berkata-kata yang Benar

(Markus 6:14-29)

Manusia diciptakan dengan sungguh amat baik. Hal ini terbukti dengan kemampuan yang dimiliki oleh manusia, dimana kemampuan ini adalah anugerah dari Tuhan yang hanya diberikan kepada manusia. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengolah informasi yang didapat dari panca indra lalu mengekpresikannya baik melalui tindakan maupun melalui perkataan.

Raja Herodes sebenarnya sudah mendekati hal yang benar. Yaitu mau mendengarkan ajaran yang disampaikan oleh Yohanes pembaptis. Hal ini dibuktikan dengan hati Herodes yang terombang-ambing ketika mendengar ajaran Yohanes dan senang mendengarkannya.

Tetapi sayang, ajaran yang didengar oleh Herodes, tidak berhasil diaplikasikan dalam hidupnya. Sehingga ajaran Yohanes dikalahkan oleh sikap gengsinya dan sikap ingin memuaskan hatinya. Karena itulah Herodes akhirnya mendengarkan suara jahat yang datang dari anaknya ketika berulang tahun, yang akhirnya melahirkan kejahatan. Herodes salah satu contoh orang yang gagal memberi respon yang baik terhadap ajaran yang benar.     

~NEA~

Tinggalkan komentar