Makanan dan Minuman Sejati

(Yohanes 6:51-58)

Ketika Tuhan Yesus berkata “Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.” Orang – orang Yahudi menanggapinya secara harafiah, mereka mempunyai anggapan bahwa tubuh Tuhan Yesus diserahkan untuk dimakan beramai- ramai dan darah Tuhan Yesus diminum beramai-ramai. Tentu saja anggapan seperti ini adalah anggapan yang salah.

Mereka tidak ingat bahwa Tuhan Yesus adalah Firman yang telah menjadi manusia dan Tuhan Yesus pernah mengingatkan bahwa manusia tidak hidup dari roti saja tetapi juga dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah. Jika mereka lupa masih bersyukur, karena lupa adalah kelemahan manusia. Tetapi akan menjadi masalah jika mereka tidak percaya dengan sabda Tuhan Yesus.

Jika demikian, maka Tuhan Yesus sedang mengingatkan kepada orang Yahudi dan kepada kita yang hidup pada saat ini, jika kita hidup seturut dengan Firman Tuhan, maka kita akan hidup di dalam Tuhan, Artinya kita hidup di dalam perlindungan dan penyertaan Tuhan. Sehingga ketika hidup di dalam dunia senantiasa dapat merasakan pemeliharaan Tuhan, bahkan ketika sudah berakhir kehidupan di dunia ini akan hidup kekal bersama Kristus.

~ NEA ~

Tinggalkan komentar