Kasih Menembus Batas

(Markus 7:24-37)

Dunia yang telah jatuh ke dalam dosa, telah kehilangan kekuatan yang luar biasa. Kekuatan itu adalah “kasih”. Padahal dengan kasih maka dunia akan menjadi dunia yang penuh damai dan jauh dari perseteruan dan peperangan. Oleh karena itu, ketika Tuhan Yesus datang ke dalam dunia ini, Tuhan Yesus memperkenalkan kembali kepada umat manusia mengenai kasih. Supaya “kasih” dapat dimiliki kembali oleh umat manusia.

Dengan kekuatan kasih, Tuhan Yesus tidak lagi membedakan mana yang orang Yahudi dan mana yang bukan orang Yahudi. Meskipun secara tradisi orang Yahudi tidak bergaul dengan orang bukan Yahudi, tetapi dengan kekuatan kasih, Tuhan Yesus berani keluar dari tradisi yang tidak manusiawi untuk meraih orang yang di luar Yahudi. Supaya merekapun dapat merasakan kasih Tuhan.

Dengan kekuatan kasih, maka orang lain juga akan dapat bertumbuh di dalam imannya sehingga orang tersebut akan dapat melihat kuasa Tuhan bekerja di dalam kehidupannya. Perempuan Siro-Fenisia menjadi salah satu bukti bahwa kekuatan kasih Tuhan Yesus, menjadikan perempuan Siro-Fenisia dapat tetap percaya dan melihat kuasa Tuhan terjadi dalam hidupnya.

Jadi bisa dikatakan bahwa tanpa kasih, maka manusia akan kehilangan iman sehingga dunia akan dipenuhi dengan perseteruan, kekacauan. Jika hal ini terjadi, maka umat manusia akan sangat sulit melihat kuasa Tuhan yang luar biasa itu.

~NEA~

Tinggalkan komentar