Bersedia Berkorban

(Markus 8:27-38)

Berkorban dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah kesetiaan, menjadi korban, menderita (misal menderita rugi). Jika kita perhatikan dalam bacaan kita saat ini yang diambil dari Markus 8: 27 – 38 sepertinya sulit untuk menemukan mengenai bersedia berkorban. Tetapi jika kita perhatikan lebih dalam lagi dalam percakapan Petrus kita akan mendapati tema kita.

Setiap orang tentunya ingin menghindari dari penderitaan yang menghadang di depan, oleh karena itu jika ada orang yang menawarkan bantuan atau dukungan untuk segera menghindar dari penderitaan itu akan segera disambut dengan penuh sukacita.

Ketika Petrus menegur Tuhan Yesus dan menyatakan bahwa Tuhan Yesus tidak akan mengalami penderitaan, justru Tuhan Yesus menolak pendapat Petrus dan mengatakan bahwa pendapat itu berasal dar iblis. Dimana iblis sangat sangat keberatan jika manusia terlepas dari dosa.  Dengan demikian Tuhan Yesus bersedia untuk berkorban dan bersedia melalui semua jalan penderitaan, meskipun jalan penderitaan adalah jalan yang dihindari semua orang, tetapi demi keselamatan umat manusia, Tuhan Yesus bersedia berkorban.

~NEA~

Tinggalkan komentar