Blog

HIDUP DALAM PIMPINAN ALLAH TRINITAS

Minggu, 26 Mei 2024 | Kategori : Kebaktian Minggu

Dibaca : 41

image blog

Yesaya 6:1-8; Mazmur 29; Roma 8:12-17; Yohanes 3:1-17(TB2)

Dalam minggu Trinitas ini Kembali kita diingatkan bahwa Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus senantiasa menyertai kehidupan umat percaya, karena Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus selalu hadir Bersama – sama di dalam menyertai kehidupan umat percaya. Di mana Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah satu atau esa, seperti  pengakuan  yang terdapat di dalam Ulangan 6 : 4 “ Dengarlah, hai orang Israel: Tuhan itu Allah kita, TUHAN itu esa!”. Kata “Esa” di sini diterjemahkan dari kata “Ehad” yang artinya satu dalam kebersamaan, sedangkan kata “Esa” yang diterjemahkan dari kata “Yahid/Tauhid” adalah satu (tunggal ).

Percakapan Nikodemus dengan Tuhan Yesus menjadi percakapan yang menyadarkan kita, bahwa sebagai orang percaya yang telah menerima Roh Kudus, seharusnya mengalami perubahan kehidupan yang semakin serupa dengan Kristus, yaitu mengalami kelahiran baru. Meninggalkan manusia lama, meninggalkan perbuatan lama dan menggantinya dengan kehidupan baru yaitu kehidupan yang menjauhi kejahatan.

Kelahiran baru dapat terjadi jika setiap orang percaya kepada kuasa Tuhan Yesus dan percaya bahwa di dalam Tuhan Yesus ada jaminan kehidupan kekal. jadi bisa dikatakan bahwa kerinduan umat manusia untuk memiliki keselamatan dan memiliki kepastian kehidupan kekal dapat diperoleh di dalam nama Tuhan Yesus, hal ini akan mendorong setiap orang percaya untuk melakukan perubahan kehidupan atau lahir baru dan meninggalkan kehidupan yang lama, dari kehidupan yang tinggi hati menjadi kehidupan yang rendah hati.

Hal ini digambarkan seperti kepercayaan bangsa Israel, dengan melihat ular tembaga maka mereka akan selamat dan tetap memiliki kehidupan. Jadi ketika bangsa Israel bersedia mengubah sikap hidup mereka yang tegar tengkuk dan bersedia mengikuti perintah Tuhan maka mereka akan mengalami keselamatan. (Pdt NEA)


Blog Terkait