“Komunitas yang Dipulihkan dan Diutus”

Minggu Paskah 2-IV/43/Minggu, 8 April 2018

Kisah Para Rasul 4:32-35; Mazmur 133; I Yohanes 1:1-2:2; Yohanes 20:19-31

Komunitas Kristen adalah komunitas yang diikat oleh kasih Tuhan. Hal ini jelas tergambar dalam jemaat mula-mula. Didalam Kisah Para Rasul 4:32 “Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorangpun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama.” Kehidupan Komunitas Kristen mula mula adalah komunitas yang saling berbagi dan tidak pernah lupa akan orang yang tak punya, mereka saling menolong. Didalam kehidupan Kristen, Kasih adalah hal yang tertinggi. Ada dua hal yang terdapat dalam kehidupan komunitas Kristen. Pertama, mereka memiliki perasaan yang kuat tentang tanggung-jawab akan satu dengan yang lain. Kedua, hal ini membangunkan dalam diri mereka semangat untuk saling berbagi secara spontan.
Komunitas Kristen adalah komunitas yang telah memandang kepada Kristus. Bukan melihat tetapi memandang. Memandang adalah memperhatikan sampai benar-benar paham akan apa yang dilihatnya. Dengan demikian maka watak seseorang akan ditentukan oleh watak ilahi yang dia sembah. Didalam 1 Yohanes 1:5 dinyatakan bahwa Allah adalah terang dan didalam Dia tidak ada kegelapan. Salah satu fungsi utama dari terang adalah menerangi jalan, sehingga orang tidak akan tersesat. Artinya Allah memberikan bimbinganNya kepada umat manusia supaya umat manusia tidak salah jalan. Sehingga akan bisa berjalan dijalan yang benar dan hidup didalam kesehatian.

Yohanes 3:19b menyatakan “Tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.” Diakui atau tidak memang pada dasarnya manusia lebih menyukai kegelapan atau hal hal yang jahat. Oleh karena itu hendaklah setiap orang Kristen berjuang dengan segenap hati untuk dapat mengalahkan keakuan supaya bisa hidup didalam pimpinan Allah. Sehingga ketika hidup didalam pimpinan Allah akan menjadi orang yang bisa berbuat baik bagi setiap orang. Dan dengan perbuatan baik itu, akan bisa mewarnai dunia yang gelap ini dengan terang Kristus.

-NEA-

Tinggalkan komentar